4 Hal Penting sebelum Membangun Rumah

Beberapa orang beranggapan bahwa membangun rumah bukanlah hal yang sulit karena tinggal menyiapkan dana dan kemudian mempekerjakan kontraktor. Anggapan ini jelas tidak benar karena membangun rumah membutuhkan persiapan yang matang. Jika persiapannya setengah-setengah dan dilakukan semaunya saja, jelas rumah yang dibangun tidak akan mudah diselesaikan dan ketika sudah jadi, pemilik rumah akan kecewa dan kaget karena hasilnya tidak sesuai dengan yang diharapkan. Alhasil, mimpi untuk memiliki rumah idaman, pupuslah sudah.

Apakah Anda berpikiran sama? Jika iya, segera ubah cara pikir Anda karena membangun rumah bukanlah hal yang mudah. Jika dalam waktu dekat Anda berencana untuk membangun rumah idaman, ada baiknya untuk memperhatikan dan menyiapkan 4 hal penting di bawah ini terlebih dahulu:

uang 1Uang

Berapa banyak uang yang harus dipersiapkan? Jawabannya tergantung pada besar dan model rumah yang akan dibangun. Jika Anda membangun rumah dengan tipe sangat sederhana, estimasi biaya yang dikeluarkan sekitar 50 juta. Namun, jika ingin membangun rumah mewah dengan dua lantai, jelas uang yang dikeluarkan lebih dari 100 juta. Untuk itu, ada baiknya untuk membuat anggaran dana pembangunan rumah dengan dana ekstra agar proses pembangunan rumah berjalan lancar. Pastikan bahwa Anda mencatat semua pengeluaran, mulai dari membeli material bangunan sampai menggaji para pekerja.

Di samping itu, jika Anda ingin membeli bahan material, seperti besi pipa, besi beton, baja tekuk, dan produk besi lainnya, pastikan untuk mengunjungi toko besi terpercaya agar Anda bisa mendapatkan produk berkualitas dengan harga yang masuk akal.

lokasiLokasi

Jika ditanya di mana lokasi yang tepat untuk membangun rumah? Kemungkinan besar jawabannya beragam. Sebagian orang ingin membangun rumah di kawasan elit yang dilengkapi dengan fasilitas umum yang lengkap dengan prasarana yang berkualitas. Sebagian orang lainnya justru memilih untuk membangun rumah di kawasan pinggiran kota yang jauh dari hingar bingar dan kebisingan kendaraan. Bisa dibilang tergantung pada rasa dan kebutuhan masing-masing. Oleh sebab itu, tentukan lokasi rumah yang Anda bangun sekarang juga. Pastikan bahwa lokasi yang dipilih cukup mudah diakses, aman, nyaman, dan bebas dari banjir. Tidak harus di tengah atau pusat kota, di daerah pinggiran kota juga tidak masalah selama lokasi tersebut membuat Anda betah.

surat keterangan domisiliIzin bangunan

Membangun rumah tidak boleh sembarangan. Maksudnya adalah Anda harus memiliki izin membangun rumah di lokasi yang sudah Anda pilih. Untuk mendapatkan surat IMB (Izin Mendirikan Bangunan), Anda harus mengurusnya di Dinas Penataan dan Pengawasan Bangunan Daerah di tempat tinggal Anda. Lengkapi semua persyaratan, seperti fotocopy KTP, fotocopy surat kepemilikan tanah, gambar rencana arsitektur, dan lain sebagainya dan ikuti semua prosedur yang sudah ditetapkan sebaik mungkin. Memang membutuhkan waktu untuk mengurus semua ini tapi itu bukanlah masalah. Nah, jika Anda mengabaikannya, Anda bisa berurusan dengan pihak berwenang dan rumah Anda bisa saja diratakan cepat atau lambat.

kontraktor 1Kontraktor

Saat ini, ada banyak sekali kontraktor yang bisa diajak bekerjasama. Sayangnya, kebanyakan dari mereka hanya mencari keuntungan semata. Mereka tidak bekerja secara profesional dan tidak peduli dengan hasil akhir dari proyek yang dikerjakan. Oleh sebab itu, perlu adanya kehati-hatian dan sikap lebih selektif dalam memilih kontraktor. Pilih kontraktor yang sudah banyak makan asam garam dalam industri pembangunan rumah. Pastikan juga bahwa kontraktor memiliki rekam jejak yang baik dan sudah menangani banyak proyek. Jika sudah ketemu yang pas, jangan lupa untuk membuat perjanjian tertulis mengenai metode pembayaran gaji, durasi pembangunan, dan renovasi rumah jika terjadi kesalahan saat proses pengerjaan (tidak sesuai rancangan rumah). Dengan demikian, tidak ada pihak yang merasa dirugikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *