Yang Perlu Dipertimbangkan dalam Membeli Bahan Bangunan

bahan bangunanMendirikan sebuah bangunan tak lepas dari adanya perencanaan yang matang, seperti merencanakan seberapa besar bangunan yang akan didirikan, bagaimana bentuk bangunan yang diinginkan, dan mencari tukang atau pemborong yang akan dipekerjakan yang tentunya sudah dikenal bagus kinerjanya. Berbagai perencanaan tersebut tentunya patut dilakukan agar hasil pembangunan bisa memuaskan.

Selain itu, bahan bangunan yang akan digunakan berupa material, seperti pasir, batu, bata, kayu, semen, pipa, baja ringan, besi beton, dan lain sebagainya juga patut dipertimbangkan karena akan mempengaruhi ketahanan usia bangunan kelak. Nah dalam membeli bahan bangunan tersebut, berikut hal-hal yang perlu dipertimbangkan:

Banyaknya material

Ketika sudah mengetahui dengan jelas luas lahan bangunan, Anda patut menghitung banyaknya material yang bakal digunakan. Misal, untuk bangunan rumah dengan tembok panjang 10 m dan tinggi 3 m, dalam hal ini Anda menggunakan ukuran bata dengan panjang 22 cm, lebar 5 cm, dan tinggi 11 cm, maka kebutuhan akan bata kurang lebih sebanyak 2100 buah.

Semakin besar dan luas bangunan yang Anda dirikan, maka tentu akan semakin tinggi pula jumlah material yang Anda gunakan. Jelas, hal ini juga akan mempengaruhi biaya yang akan Anda keluarkan. Oleh karena itu, menimbang banyaknya material, maka Anda harus memiliki perencanaan biaya yang matang agar kecukupan material dapat dipersiapkan dengan baik.

Jenis dan kualitas material

Pada dasarnya, ketahanan suatu bangunan juga tergantung daripada jenis dan kualitas material yang digunakan. Ada banyak jenis material, seperti halnya besi beton, ada besi beton ulir (sirip) dan ada yang polos. Dalam hal ini, memilih jenis besi beton ulir lebih memungkinkan karena mempunyai tekanan minimal 400 Mpa sedangkan yang polos hanya 240 Mpa. Tentu saja, besi beton ulir memiliki daya tahan yang lebih maksimal sehingga bangunan menjadi lebih awet.

Berbicara mengenai jenis dan kualitas material yang bagus tentu saja dapat mempengaruhi tingginya harga. Seperti halnya hukum ekonomi “semakin bagus nilai suatu barang maka akan semakin besar tingkat harnya”. Itu menunjukkan bahwa kualitas suatu barang dapat diukur dari tingkat harga. Meskipun begitu, akan lebih baik jika Anda menggunakan jenis dan kualitas material yang bagus supaya dapat terhindar dari adanya perenovasian yang bahkan dapat menyebabkan pengeluaran biaya lebih besar.

Produsen

Dalam pembelian bahan bangunan, produsen sebagai penjual material juga penting untuk dipertimbangkan. Mengapa? Penyedia yang profesional tentunya dapat memberikan layanan yang memuaskan. Bayangkan ketika Anda membutuhkan material dalam waktu dekat, tentu pengiriman material harus tepat pada waktunya agar pembangunan tidak terhambat. Nah, jika Anda membeli material secara online Anda baiknya lihat terlebih dahulu situs penyedia, apakah testimoni para pelanggan sebelumnya memuaskan atau bahkan sebaliknya. Ingat, banyaknya penyedia yang ada tentu Anda harus meneliti dengan jeli agar tidak salah pilih.

Keberhasilan mendirikan suatu bangunan baik itu rumah, resto, ataupun hotel, tak lain dan tak bukan harus melalui perencanaan yang matang, salah satunya menggunakan bahan bangunan yang tepat yakni berkualitas bagus agar bangunan bisa berdiri dalam jangka panjang.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *