Tips Memilih Bahan Bangunan

Bahan bangunan1

Pemilihan bahan bangunan harus diperhatikan dengan baik. Mengingat apa yang akan dibuat, tentunya ingin mendapatkan hasil yang baik dan tahan lama. Hal ini dikarenakan bahan bangunan dapat menjadi satu pemicu apakah bangunan dapat bertahan lama atau sebaliknya. Jika dalam pengerjaan Anda sendiri yang turun tangan untuk mencari dan membeli bahan bangunan, tentunya akan mencari bahan bangunan yang tepat dan berkualita. Namun, ketika Anda memutuskan untuk mengunakan jasa kontraktor untuk pembangunan, tentunya sebagian besar dalam pemilihan bahan bangunan akan dilakukan oleh kontraktor dan Anda tinggal melihat hasilnya. Untuk mendapatkan bahan bangunan dengan kualitas baik, tentunya Anda harus mengerti juga dengan bahan bangunan agar tidak rugi dengan pilihan orang lain. Nah, untuk mendapatkan bahan bangunan yang berkualitas, tentunya dibutuhkan tips. Adapun tips dalam memilih bahan bangunan adalah:

Pilih pasir dengan memiliki butiran yang halus

Ada dua jenis pasir, pasir putih dan hitam. Pasir hitam dapat digunakan sebagai bahan bangunan struktur atau pasir beton. Sedangkan pasir putih berfungsi untuk untuk melakukan pelesteran karena memiliki butiran yang halus. Bagi Anda yang ingin memilih bahan bangunan pasir dan digunakan untuk melakukan plesteran, sebaiknya pilih pasir dengan warna putih karena lebih halus. Selain itu, pasir yang baik merupakan pasir yang bebas dari lumpur, tanah, dan kotoran. Untuk memastikan lakukan tes dengan cara ambil dan letakan di telapak tangan dengan digosok-gosok dan dibuang. Pasir yang baik dia tidak akan menempel pada telapak tangan Anda. Selain dengan menggosok, Anda dapat mencobanya dengan cara mengengam pasir, pasir yang baik ketika digengam tidak akan menggumpal.

Gunakan batu bata merah yang berukuran sedang

Tips kedua memilih bahan bangunan adalah dengan cara gunakan batu bata merah yang berukuran sedang. Dengan batu bata yang berukuran sedang akan mempercantik susunan rumah. Batu bata berwarna merah, merupakan batu bata yang terbakar dengan merata. Membangun rumah dengan menggunakan batu bata merah akan lebih kuat dan juga membuat suasana rumah lebih terasa dingin. Batu bata yang baik, tentunya tidak mudah pecah. Jika Anda memutuskan untuk menganti batu batu dengan batako ini sah-sah saja. Menggunakan batu batako juga lebih murah dari harga batu bata merah, tapi nilai jula rumah akan lebih mahal dengan menggunakan batu bata merah.

Pilih kayu dengan kandunga air yang sedikit

Selanjutnya tips dalam memilih bahan bangunan dari segi kayu. Beberapa hal yang harus dipertimbangkan dalam pemilihan kayu, antarnya pilih kayu dengan kandungan air yang sedikit yaitu di bawah 20 % agar bangunan lebih kuat. Untuk membuat banguan Anda lebih kuat seperti gedung tinggi, Anda dapat menggunakan besi beton. Besi beton sudah sejak lama digunakan sebagai elemen utama dalam pembuatan gedung tinggi. Jika Anda memutuskan untuk membuat rumah yang tinggi dan bertingkat, besi beton dapat menjadi pilihan karena lebih tahan lama dan tidak akan mengalami penyusutan.

Gunakan semen bermerek baik

Untuk semen, tentunya memiliki kesamaan antara semen satu dengan lainnya, baik dari tingkat harga dan kualitas. Namun, untuk mendaptkan bahan bangunan yang berkualitas baik, sebaiknya gunakan semen bermerek. Semen yang bermerek baik, merupakan semen yang banyak pemintanya. Dengan semen yang baik, tentunya akan menghasilan plesteran yang kuat dan juga halus.

Dengan mendapatkan bahan-bahan bangunan yang berkualitas baik, maka membuat bangunan Anda akan tahan lama dan juga terlihat lebih rapi. Untuk itu, Anda harus lebih teliti mencari bahan-bahan bangunan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *