Agar Rumah Kokoh: Pilih Lahan Keras, Besi Beton Ulir, & Batu Bata

Rumah yang kokoh lebih dari sekedar menghemat biaya perbaikan beberapa bulan bahkan beberapa tahun ke depan, melainkan mencegah hal-hal yang tidak diinginkan terjadi pada keluarga. Makanya, lakukan perencanaan dengan matang sebelum memutuskan membangun rumah. Lama di perencanaan tidak masalah asal hasil memuaskan 😀

Rumah Kokoh

Tepat jika Anda memilih membangun rumah sendiri dibanding beli jadi. Hasil akhir bakal sangat memuaskan karena mulai dari desain interior dan eksterior sampai tata letak ruangan sesuai dengan kebutuhan & keinginan. Dalam pembangunan rumah, dituntut tidak hanya mengutamakan estetika (harus menggunakan atap metal, lantai keramik, rangka atap baja ringan, dll) tetapi juga memprioritaskan kualitas bangunan. Bangunan yang kurang berkualitas dapat membahayakan anggota keluarga karena rumah ambruk. Beriringan dengan itu pula anggaran perbaikan hingga renovasi bakal dikeluarkan. Oleh karenanya, penting bagi Anda untuk mempertimbangkan beberapa faktor berikut sebelum bangun rumah agar kokoh:

Lahan keras

Lahan terbaik untuk bangun rumah adalah berstruktur keras dan kering. Dengan begitu, lahan punya daya tahan tinggi untuk menahan pondasi yang menopang bangunan sehingga tidak terjadi pergeseran bahkan hingga roboh. Maka dari itu, pastikan lahan memiliki kriteria demikian sebelum dibeli atau dibangun. Bila perlu gandeng kontraktor bangunan dalam melakukan pengecekan lahan sekaligus memanfaatkan jasanya untuk membangun rumah berkualitas. Kalau memang yang didapat adalah lahan gembur/lempung/bekas persawahan, bisa dilakukan penimbunan atau pengerukan jika tidak begitu dalam. Untuk memastikan tanah timbunan benar-benar kuat, disarankan melakukan pembangunan dalam beberapa bulan kedepan.

Besi beton ulir

Rumah yang kokoh tidak terlepas dari pondasi dan tiang-tiang yang kokoh pula. Untuk memaksimalkan peran pondasi dan tiang-tiang, gunakan besi beton ulir. Besi beton ulir mampu menopang bangunan lebih baik dibanding besi beton polos. Itulah sebabnya mengapa besi beton ulir sangat dianjurkan untuk pembangunan rumah bertingkat. Hati-hati saat membeli besi beton! Jangan sampai terpilih besi beton banci atau tidak sesuai standar SNI karena dapat mengurangi kualitas bangunan. Berikut kiat-kiat membeli besi beton: pilih yang jual besi beton sudah punya nama/telah direkomendasi/rekanan produsen besi beton berkualitas serta ukur besi beton ulir & pastikan diameternya 10mm sampai 32mm sedangkan panjangnya 12 meter. Explore lagi kriteria besi beton ulir berkualitas dengan bergabung di Google+ ini.

Batu bata

Lahan keras & menggunakan besi beton ulir untuk tulangannya, tapi menggunakan batako untuk dinding sekelilingnya, kualitas bangunan tidak baik. Meski nantinya bakal diplester, tetap saja dinding mudah retak. Apalagi untuk rumah bertingkat, dinding batako tidak dianjurkan karena kekuatannya lemah. Oleh karenanya, pilih batu bata sebagai material untuk dinding. Berikut beberapa keunggulannya: jarang terjadi retakan, punya kekuatan tinggi, tidak membutuhkan perekat khusus, tahan panas, dan harganya relatif murah. Penting! Tidak semua batu bata yang ditawarkan baik. Disarankan untuk membeli batu bata di tempat yang sudah dikenal kualitas batu batanya, di mana tidak murah rapuh.

Ketiga faktor sudah dipenuhi, tapi dari sisi pondasi kurang baik juga bakal membuat bagian rumah retak bahkan hingga ambruk. Untuk itu, pastikan memilih kontraktor handal dan berpengalaman agar bisa menentukan pondasi yang tepat di samping mengurus IMB, membantu merencanakan aggaran bangun rumah, membeli material bangunan berkualitas, serta memberikan ide untuk desain rumah. Masing-masing lahan & tipe rumah memiliki pondasi yang berbeda. Untuk lahan dengan kepadatan yang baik, bisa menggunakan pondasi dangkal. Untuk rumah yang berdiri di lahan lempung/gambut/bekas sawah atau dibuat beberapa tingkat, pondasi dalam bisa digunakan.

Btw, bukan hanya rumah yang harus kokoh, melainkan juga kapal untuk mengangkut penumpang bahkan kendaraan dari satu pelabuhan ke pelabuhan lainnya juga harus kuat. Jika tidak, nyawa banyak orang akan menjadi taruhannya termasuk awak kapal. Untuk membuat kapal menjadi berkualitas, diperlukan plat kapal yang berkualitas tinggi guna meminimalkan resiko hasil pengerjaan di kemudian hari. Apabila Anda ingin membuat kapal, teliti dengan baik plat kapal yang akan dibeli. Jangan sampai hanya mengutamakan harga murah, tapi mengabaikan aspek kualitasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *