Agar Penggunaan Atap Baja Ringan Memenuhi Harapan

Atap-Rumah-Idaman_baja ringanMengingat penggunaan atap baja ringan cukup menjanjikan, yakni tahan terhadap api, rayap, ramah lingkungan, ringan, dan mudah dipasang, membuat minat orang-orang semakin memuncak untuk memilihnya. Bahkan, penggunaan atap baja ringan saat ini sedang trend sebab atap rumah menjadi terlihat lebih rapi, apalagi bila dipadukan dengan genteng metal tentu akan menjadi satu kesatuan yang sempurna. Namun, ada beberapa hal yang perlu diingat ketika ingin menggunakan atap baja ringan supaya hasilnya memenuhi harapan, antara lain:

Jangan sembarang pilih produsen dan tukang

Memilih produsen yang profesional adalah salah satu langkah yang tidak boleh dianggap remeh. Dikatakan demikian karena seorang produsen berpengaruh penting untuk mendapatkan atap baja ringan yang tepat. Bayangkan bila Anda memiliki pertanyaan mengenai material baja, tentu tidak akan merasa lega bila produsen tak mampu memberikan penjelasan yang akurat. Itulah sebabnya mengapa produsen tidak boleh dipilih secara sembarangan. Sementara tukang ialah seseorang yang akan membantu untuk mendirikan bangunan, mulai dari pembuatan pondasi hingga pemasangan atap.

Dalam hal ini, jelas tukang yang dipilih harus benar-benar yang berpengalaman dalam pemasangan rangka baja ringan. Perlu Anda ketahui, apabila salah perhitungan mengenai penggunaan rangka baja, akan dapat dipastikan pemasangan akan gagal. Oleh sebab itu jangan sembarang pilih tukang pasang rangka baja, supaya hasilnya tidak mengecewakan.

Jangan abaikan kualitas material

Mengabaikan kualitas material baja ringan sama halnya dengan mengacuhkan ketahanan bangunan. Sebab, ketahanan bangunan tergantung daripada kandungan atau komposisi yang ada di dalam material baja. Umumnya, terdapat dua jenis material baja ringan yang dapat dipilih, yakni zincalume dan galvanis. Baja ringan dengan jenis zincalume memiliki ketebalan 150 gr/m2, sedangkn galvanis sebesar 180 gr/m2. Akan tetapi, zincalume mempunyai lapisan yang lebih utuh, yaitu 1.5% silicon, 43.5% zinc, dan sisanya 55% aluminium, sedangkan galvanis lebih dari 90% berupa zinc.

Ini menunjukkan bahwa, material baja ringan jenis zincalume memiliki kualitas yang lebih maksimal dibandingkan galvanis. Dengan mengetahui kandungan material di dalamnya, tentu Anda bisa memilih material baja ringan yang tepat yang memiliki ketahanan yang maksimum. Anda bisa meminta penjelasan lebih lengkap kepada produsen mengenai hal ini. Lihat informasi tentang besi baja lainnya melalui akun fanpage DutaArta.

Jangan mudah tergiur dengan harga material yang murah

Sebagian besar tinggi dan rendahnya harga dipengarahuhi oleh kualitas suatu barang. Begitu juga dengan material baja ringan, harga yang relatif mahal sekitar 120 ribu rupiah per meternya, menjadi gambaran bagi Anda dalam mempertimbangkan harga material ketika akan membeli. Mendapat penawaran harga material dengan nilai yang rendah memang menggiurkan, apalagi jika masih banyak perlengkapan dan peralatan lain yang harus dipenuhi, misalnya floor deck khususnya untuk lantai bangunan bertingkat. Dalam hal ini, sangat disarankan untuk mengetahui terlebih dahulu faktor pendorong yang membuat material tersebut dijual dengan harga murah. Jika memang lagi promo, maka hal tersebut dianggap wajar karena perusahaan biasanya memberi simpati kepada calon pelanggan.

Menggunakan atap baja ringan memang menguntungkan, akan tetapi mesti penuh dengan kewaspadaan ketika akan melakukan pembelian supaya hasilnya sesuai dengan harapan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *