Untuk Dak Lantai Beton Rumah Bertingkat, Wire mesh atau Besi Beton?

dak dengan wiremesh atau besi betonPertambahan anggota keluarga, perlindungan dikala banjir, & penggunaan rumah sekaligus tempat berbisnis menjadi beberapa alasan sebagian orang membangun rumah bertingkat. Bagaimana dengan alasan Anda? Apa pun alasannya, yang paling penting pastikan keamanan lantai atas selain pondasi, dinding, tiang, dan atap rumah. Jangan sampai, baru beberapa bulan lantai rumah bagian atas sudah ambruk. Kejadian ini bukan hanya membahayakan keselamatan anggota keluarga melainkan kondisi keuangan. Bagaimana tidak? Bakal keluarkan anggaran lagi untuk perbaikan karena kerusakan. Oleh karenanya, perkuat lantai rumah bertingkat dengan wire mesh atau besi beton.

Wire mesh

Wire mesh, baja tulangan yang dibentuk seperti jaring-jaring di mana di setiap ujung perseginya dilas listrik agar tidak bergeser. Ada banyak keunggulan yang bisa didapatkan jika memanfaatkan wire mesh sebagai salah satu material dak lantai beton di antaranya: meningkatkan daya ikat sehingga lantai tidak mudah retak, penyelesaian lantai relatif cepat karena pekerja tidak perlu lagi merangkai besi secara manual, dan menghemat biaya karena tidak perlu pekerja untuk merangkai & memasang wire mesh. Berapa biaya wire mesh sendiri? Biaya wire mesh biasanya per lembar atau roll. Kalau per lembar kisarannya mulai dari 100 ribu Rupiah. Kalau per roll mulai dari 1 juta Rupiah. Biaya wire mesh juga ditentukan oleh spesifikasi dan kualitasnya. Kalau menggunakan wire mesh hanya untuk lantai rumah bertingkat, wire mesh dengan spesifikasi M4, M5, dan M6 bisa digunakan. Kalau untuk gedung-gedung bisa memilih yang M8 hingga M10.

Besi beton

Material lain yang digunakan untuk membangun fungsi lantai adalah besi beton. Di samping untuk tiang dan pondasi, besi beton juga digunakan untuk lantai rumah bertingkat. Untuk memperkuat lantai, bisa menggunakan besi beton dengan tipe ulir. Berbanding dengan rekan lainnya, pemakaian besi beton relatif rumit. Pekerja harus merangkai antara besi beton satu dengan besi beton lainnya dengan kawat bendrat agar rangkaian yang kokoh. Untuk rumah yang relatif kecil, pekerja cuku repot karena akan selalu melakukan pemotongan besi beton agar pas dengan ruangan yang bakal di lantai. Tak heran bila pengerjaan lantai menggunakan besi beton relatif lama dibandingkan material lainnya. Namun, kekuatannya patut diacungi jempol terlebih jika besi beton ulir berkualitas atau sesuai standar SNI di mana berdiameter 10mm sampai 32mm dengan panjang 12 meter.

Sudah memiliki pilihan material untuk dek lantai rumah Anda? Baik wire mesh maupun besi beton sama-sama memiliki kekuatan yang oke. Perbedaannya sangat menonjol pada waktu pengerjaan, di mana akan relatif cepat jika menggunakan wire mesh dan lamban jika menggunakan besi beton. Untuk masalah biayanya wiremesh atau besi beton, silakan ketahui dan tanya melalui akun twitter. Apa pun yang Anda pilih nantinya, usahakan menggunakan bekisting permanen. Dengan begitu, Anda dapat menghemat pembelian kayu, baja profil, & plywood sebagai penyanggah cor. Penghematan juga dapat dibuktikan dari efisiensi beton hingga beberapa persen tanpa sedikit pun mengurangi kualitas dari lantai. Lebih dari itu, pemasangannya juga relatif lebih singkat, hanya tinggal dibentangkan saja. Beragam tipe beskisting permanen yang bisa Anda pertimbangkan di antaranya floor deck, bondek, dan smartdek. Ketiganya terbuat dari lembaran baja yang dilapisi galvanis yang dibentuk bergelombang.

Kualitas dari lantai beton bukan hanya ditunjang oleh material bangunan melainkan oleh kemampuan pekerjanya. Oleh karena itu, hati-hati pilih pekerja. Pilih yang punya track record bagus, telah menggeluti dunia konstruksi cukup lama, dan sudah punya banyak klien yang merasa dipuaskan.

Agar Rumah Kokoh: Pilih Lahan Keras, Besi Beton Ulir, & Batu Bata

Rumah yang kokoh lebih dari sekedar menghemat biaya perbaikan beberapa bulan bahkan beberapa tahun ke depan, melainkan mencegah hal-hal yang tidak diinginkan terjadi pada keluarga. Makanya, lakukan perencanaan dengan matang sebelum memutuskan membangun rumah. Lama di perencanaan tidak masalah asal hasil memuaskan 😀

Rumah Kokoh

Tepat jika Anda memilih membangun rumah sendiri dibanding beli jadi. Hasil akhir bakal sangat memuaskan karena mulai dari desain interior dan eksterior sampai tata letak ruangan sesuai dengan kebutuhan & keinginan. Dalam pembangunan rumah, dituntut tidak hanya mengutamakan estetika (harus menggunakan atap metal, lantai keramik, rangka atap baja ringan, dll) tetapi juga memprioritaskan kualitas bangunan. Bangunan yang kurang berkualitas dapat membahayakan anggota keluarga karena rumah ambruk. Beriringan dengan itu pula anggaran perbaikan hingga renovasi bakal dikeluarkan. Oleh karenanya, penting bagi Anda untuk mempertimbangkan beberapa faktor berikut sebelum bangun rumah agar kokoh:

Lahan keras

Lahan terbaik untuk bangun rumah adalah berstruktur keras dan kering. Dengan begitu, lahan punya daya tahan tinggi untuk menahan pondasi yang menopang bangunan sehingga tidak terjadi pergeseran bahkan hingga roboh. Maka dari itu, pastikan lahan memiliki kriteria demikian sebelum dibeli atau dibangun. Bila perlu gandeng kontraktor bangunan dalam melakukan pengecekan lahan sekaligus memanfaatkan jasanya untuk membangun rumah berkualitas. Kalau memang yang didapat adalah lahan gembur/lempung/bekas persawahan, bisa dilakukan penimbunan atau pengerukan jika tidak begitu dalam. Untuk memastikan tanah timbunan benar-benar kuat, disarankan melakukan pembangunan dalam beberapa bulan kedepan.

Besi beton ulir

Rumah yang kokoh tidak terlepas dari pondasi dan tiang-tiang yang kokoh pula. Untuk memaksimalkan peran pondasi dan tiang-tiang, gunakan besi beton ulir. Besi beton ulir mampu menopang bangunan lebih baik dibanding besi beton polos. Itulah sebabnya mengapa besi beton ulir sangat dianjurkan untuk pembangunan rumah bertingkat. Hati-hati saat membeli besi beton! Jangan sampai terpilih besi beton banci atau tidak sesuai standar SNI karena dapat mengurangi kualitas bangunan. Berikut kiat-kiat membeli besi beton: pilih yang jual besi beton sudah punya nama/telah direkomendasi/rekanan produsen besi beton berkualitas serta ukur besi beton ulir & pastikan diameternya 10mm sampai 32mm sedangkan panjangnya 12 meter. Explore lagi kriteria besi beton ulir berkualitas dengan bergabung di Google+ ini.

Batu bata

Lahan keras & menggunakan besi beton ulir untuk tulangannya, tapi menggunakan batako untuk dinding sekelilingnya, kualitas bangunan tidak baik. Meski nantinya bakal diplester, tetap saja dinding mudah retak. Apalagi untuk rumah bertingkat, dinding batako tidak dianjurkan karena kekuatannya lemah. Oleh karenanya, pilih batu bata sebagai material untuk dinding. Berikut beberapa keunggulannya: jarang terjadi retakan, punya kekuatan tinggi, tidak membutuhkan perekat khusus, tahan panas, dan harganya relatif murah. Penting! Tidak semua batu bata yang ditawarkan baik. Disarankan untuk membeli batu bata di tempat yang sudah dikenal kualitas batu batanya, di mana tidak murah rapuh.

Ketiga faktor sudah dipenuhi, tapi dari sisi pondasi kurang baik juga bakal membuat bagian rumah retak bahkan hingga ambruk. Untuk itu, pastikan memilih kontraktor handal dan berpengalaman agar bisa menentukan pondasi yang tepat di samping mengurus IMB, membantu merencanakan aggaran bangun rumah, membeli material bangunan berkualitas, serta memberikan ide untuk desain rumah. Masing-masing lahan & tipe rumah memiliki pondasi yang berbeda. Untuk lahan dengan kepadatan yang baik, bisa menggunakan pondasi dangkal. Untuk rumah yang berdiri di lahan lempung/gambut/bekas sawah atau dibuat beberapa tingkat, pondasi dalam bisa digunakan.

Btw, bukan hanya rumah yang harus kokoh, melainkan juga kapal untuk mengangkut penumpang bahkan kendaraan dari satu pelabuhan ke pelabuhan lainnya juga harus kuat. Jika tidak, nyawa banyak orang akan menjadi taruhannya termasuk awak kapal. Untuk membuat kapal menjadi berkualitas, diperlukan plat kapal yang berkualitas tinggi guna meminimalkan resiko hasil pengerjaan di kemudian hari. Apabila Anda ingin membuat kapal, teliti dengan baik plat kapal yang akan dibeli. Jangan sampai hanya mengutamakan harga murah, tapi mengabaikan aspek kualitasnya.

4 Hal Penting sebelum Membangun Rumah

Beberapa orang beranggapan bahwa membangun rumah bukanlah hal yang sulit karena tinggal menyiapkan dana dan kemudian mempekerjakan kontraktor. Anggapan ini jelas tidak benar karena membangun rumah membutuhkan persiapan yang matang. Jika persiapannya setengah-setengah dan dilakukan semaunya saja, jelas rumah yang dibangun tidak akan mudah diselesaikan dan ketika sudah jadi, pemilik rumah akan kecewa dan kaget karena hasilnya tidak sesuai dengan yang diharapkan. Alhasil, mimpi untuk memiliki rumah idaman, pupuslah sudah.

Apakah Anda berpikiran sama? Jika iya, segera ubah cara pikir Anda karena membangun rumah bukanlah hal yang mudah. Jika dalam waktu dekat Anda berencana untuk membangun rumah idaman, ada baiknya untuk memperhatikan dan menyiapkan 4 hal penting di bawah ini terlebih dahulu:

uang 1Uang

Berapa banyak uang yang harus dipersiapkan? Jawabannya tergantung pada besar dan model rumah yang akan dibangun. Jika Anda membangun rumah dengan tipe sangat sederhana, estimasi biaya yang dikeluarkan sekitar 50 juta. Namun, jika ingin membangun rumah mewah dengan dua lantai, jelas uang yang dikeluarkan lebih dari 100 juta. Untuk itu, ada baiknya untuk membuat anggaran dana pembangunan rumah dengan dana ekstra agar proses pembangunan rumah berjalan lancar. Pastikan bahwa Anda mencatat semua pengeluaran, mulai dari membeli material bangunan sampai menggaji para pekerja.

Di samping itu, jika Anda ingin membeli bahan material, seperti besi pipa, besi beton, baja tekuk, dan produk besi lainnya, pastikan untuk mengunjungi toko besi terpercaya agar Anda bisa mendapatkan produk berkualitas dengan harga yang masuk akal.

lokasiLokasi

Jika ditanya di mana lokasi yang tepat untuk membangun rumah? Kemungkinan besar jawabannya beragam. Sebagian orang ingin membangun rumah di kawasan elit yang dilengkapi dengan fasilitas umum yang lengkap dengan prasarana yang berkualitas. Sebagian orang lainnya justru memilih untuk membangun rumah di kawasan pinggiran kota yang jauh dari hingar bingar dan kebisingan kendaraan. Bisa dibilang tergantung pada rasa dan kebutuhan masing-masing. Oleh sebab itu, tentukan lokasi rumah yang Anda bangun sekarang juga. Pastikan bahwa lokasi yang dipilih cukup mudah diakses, aman, nyaman, dan bebas dari banjir. Tidak harus di tengah atau pusat kota, di daerah pinggiran kota juga tidak masalah selama lokasi tersebut membuat Anda betah.

surat keterangan domisiliIzin bangunan

Membangun rumah tidak boleh sembarangan. Maksudnya adalah Anda harus memiliki izin membangun rumah di lokasi yang sudah Anda pilih. Untuk mendapatkan surat IMB (Izin Mendirikan Bangunan), Anda harus mengurusnya di Dinas Penataan dan Pengawasan Bangunan Daerah di tempat tinggal Anda. Lengkapi semua persyaratan, seperti fotocopy KTP, fotocopy surat kepemilikan tanah, gambar rencana arsitektur, dan lain sebagainya dan ikuti semua prosedur yang sudah ditetapkan sebaik mungkin. Memang membutuhkan waktu untuk mengurus semua ini tapi itu bukanlah masalah. Nah, jika Anda mengabaikannya, Anda bisa berurusan dengan pihak berwenang dan rumah Anda bisa saja diratakan cepat atau lambat.

kontraktor 1Kontraktor

Saat ini, ada banyak sekali kontraktor yang bisa diajak bekerjasama. Sayangnya, kebanyakan dari mereka hanya mencari keuntungan semata. Mereka tidak bekerja secara profesional dan tidak peduli dengan hasil akhir dari proyek yang dikerjakan. Oleh sebab itu, perlu adanya kehati-hatian dan sikap lebih selektif dalam memilih kontraktor. Pilih kontraktor yang sudah banyak makan asam garam dalam industri pembangunan rumah. Pastikan juga bahwa kontraktor memiliki rekam jejak yang baik dan sudah menangani banyak proyek. Jika sudah ketemu yang pas, jangan lupa untuk membuat perjanjian tertulis mengenai metode pembayaran gaji, durasi pembangunan, dan renovasi rumah jika terjadi kesalahan saat proses pengerjaan (tidak sesuai rancangan rumah). Dengan demikian, tidak ada pihak yang merasa dirugikan.

Agar Penggunaan Atap Baja Ringan Memenuhi Harapan

Atap-Rumah-Idaman_baja ringanMengingat penggunaan atap baja ringan cukup menjanjikan, yakni tahan terhadap api, rayap, ramah lingkungan, ringan, dan mudah dipasang, membuat minat orang-orang semakin memuncak untuk memilihnya. Bahkan, penggunaan atap baja ringan saat ini sedang trend sebab atap rumah menjadi terlihat lebih rapi, apalagi bila dipadukan dengan genteng metal tentu akan menjadi satu kesatuan yang sempurna. Namun, ada beberapa hal yang perlu diingat ketika ingin menggunakan atap baja ringan supaya hasilnya memenuhi harapan, antara lain:

Jangan sembarang pilih produsen dan tukang

Memilih produsen yang profesional adalah salah satu langkah yang tidak boleh dianggap remeh. Dikatakan demikian karena seorang produsen berpengaruh penting untuk mendapatkan atap baja ringan yang tepat. Bayangkan bila Anda memiliki pertanyaan mengenai material baja, tentu tidak akan merasa lega bila produsen tak mampu memberikan penjelasan yang akurat. Itulah sebabnya mengapa produsen tidak boleh dipilih secara sembarangan. Sementara tukang ialah seseorang yang akan membantu untuk mendirikan bangunan, mulai dari pembuatan pondasi hingga pemasangan atap.

Dalam hal ini, jelas tukang yang dipilih harus benar-benar yang berpengalaman dalam pemasangan rangka baja ringan. Perlu Anda ketahui, apabila salah perhitungan mengenai penggunaan rangka baja, akan dapat dipastikan pemasangan akan gagal. Oleh sebab itu jangan sembarang pilih tukang pasang rangka baja, supaya hasilnya tidak mengecewakan.

Jangan abaikan kualitas material

Mengabaikan kualitas material baja ringan sama halnya dengan mengacuhkan ketahanan bangunan. Sebab, ketahanan bangunan tergantung daripada kandungan atau komposisi yang ada di dalam material baja. Umumnya, terdapat dua jenis material baja ringan yang dapat dipilih, yakni zincalume dan galvanis. Baja ringan dengan jenis zincalume memiliki ketebalan 150 gr/m2, sedangkn galvanis sebesar 180 gr/m2. Akan tetapi, zincalume mempunyai lapisan yang lebih utuh, yaitu 1.5% silicon, 43.5% zinc, dan sisanya 55% aluminium, sedangkan galvanis lebih dari 90% berupa zinc.

Ini menunjukkan bahwa, material baja ringan jenis zincalume memiliki kualitas yang lebih maksimal dibandingkan galvanis. Dengan mengetahui kandungan material di dalamnya, tentu Anda bisa memilih material baja ringan yang tepat yang memiliki ketahanan yang maksimum. Anda bisa meminta penjelasan lebih lengkap kepada produsen mengenai hal ini. Lihat informasi tentang besi baja lainnya melalui akun fanpage DutaArta.

Jangan mudah tergiur dengan harga material yang murah

Sebagian besar tinggi dan rendahnya harga dipengarahuhi oleh kualitas suatu barang. Begitu juga dengan material baja ringan, harga yang relatif mahal sekitar 120 ribu rupiah per meternya, menjadi gambaran bagi Anda dalam mempertimbangkan harga material ketika akan membeli. Mendapat penawaran harga material dengan nilai yang rendah memang menggiurkan, apalagi jika masih banyak perlengkapan dan peralatan lain yang harus dipenuhi, misalnya floor deck khususnya untuk lantai bangunan bertingkat. Dalam hal ini, sangat disarankan untuk mengetahui terlebih dahulu faktor pendorong yang membuat material tersebut dijual dengan harga murah. Jika memang lagi promo, maka hal tersebut dianggap wajar karena perusahaan biasanya memberi simpati kepada calon pelanggan.

Menggunakan atap baja ringan memang menguntungkan, akan tetapi mesti penuh dengan kewaspadaan ketika akan melakukan pembelian supaya hasilnya sesuai dengan harapan.